GEAS Innovation

Penelitian

GEAS Innovation

by Pusat Kesehatan Reproduksi UGM

22 Desember 2021

Perluasan teknologi berbasis teknologi memungkinkan kita untuk dapat membuat kuesioner yang lebih interaktif sehingga dapat meningkatkan partisipan penelitian. Terdapat beberapa format respon, seperti visual analoge scale (VAS), slider, radio buttons, dan lain-lain. Namun, setiap format respons memiliki tingkat kesalahan pengukuran yang bersifat bawaan. Penelitian Global Early Adolescent Study (GEAS) menggunakan radio buttons dalam mengumpulkan data penelitian. Radio buttons memberikan pilihan jawaban yang bersifat tertutup dan dapat diadaptasi ke browser web apa pun. Namun, radio buttons berulang dan kurang menarik bagi responden

Sub-penelitian ini berfokus pada menganalisis data yang dikumpulkan dari 3 senter GEAS untuk menilai apakah berbagai format pertanyaan yang berbeda yang digunakan dalam survei elektronik meningkatkan keterlibatan remaja dalam proses penelitian, pemahaman dan penerimaan berbagai bentuk pertanyaan. Harapannya adalah untuk mengidentifikasi format pertanyaan yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman, serta mengurangi rasa kelelahan partisipan.

Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari tiga kegiatan pengumpulan data, yaitu pre-testing kuesioner, umpan balik wawancara kognitif, dan diskusi kelompok terarah (FGD). Partisipan dalam penelitian ini adalah beberapa siswa SMP terpilih dari sekolah negeri tempat studi GEAS di Kota Yogyakarta.